Senin, 10 Januari 2011

Sejarah Islam di Cina

Assalamualaikum wr.wb
Kalian pasti belum tahu Islam di Cina . Islam di Cina terbentuk 2 suku , yaitu Hui Chi dan  Han Uighi . Di negri tirai bambu itu ada 4.500 jiwa yg memeluk agama Islam . Walau hanya seberapa , mereka sangat rajin salat loh . Dibandingkan di Indonesia , walau ada 11.999 jiwa , tapi ada jg yg hura - hura . Coba , kalau kamu salat tidak ? Semua mengaku salat . Tapi , ternyata ada yg bohong . Di negri tirai bambu itu , banyak agama Tiongkok dan Tonghoa . Islam juga banyak dong . Di Cina , Islam disebutkan menjadi Al Islam Khairullah . Di Cina , orang muslim dijadikan sebagai petani , nelayan , dan tukang sayur mayur .
Bagaimana di Cina ada Islam
Ceritanya , ada orang dari Arab Saudi . Ia pergi ke Juan Yeon . Lalu , ia disambut orang agama Buddha . Lalu , ia mengajarkan agama Islam . Pertama , ia menjelaskan bagaimana cara masuk Islam . Ia berkata "Wahai saudara , bacalah syahadat" . Tetapi , mereka tidak tau bacaan syahadat . Lalu , ia menjelaskan bacaan nya , sebagai berikut :
Ashadu ala illaha il allah
Wa ashadu ala muhammadar rasul allah
Lalu , semua membaca syahadat bagi yg mau masuk Islam . Nama orang Arab itu adalah Jabib Al Khoidah . Sunan Jabib lalu menjelaskan rukun Islam ke 2 , yaitu Sholat . Ia menjelaskan dengan jelas . Akhirnya semua tau apa sholat tersebut . Lalu , ia memberi tahu kapan bulan puasa hadir . Akhirnya , ia menjelaskan kapan sahur dan berbuka . Lalu , ia mengasih tau agar memberi zakat bagi yg mampu . Lalu , zakat itu diberikan kepada orang yg tidak mampu . Lalu , serombongan penduduk disuruh Jabib bersama - sama membangun pesantren . Hanya satu malam untuk membangun pesantren . Ia di pesantren memberi tahu agar pergi haji ke Mekkah . Ia memberi tahu Kabbah itu apa . Dia memberi tahu kiblat untuk salat . Jabib meninggal pada umur 78 tahun .
Waassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar